Yasinan dan tahlilan Peringatan kematian pada
kaum santri
Pengertian
Yasinan berasal dari kata yasin yaitu salah satu surat
pada Al-Qur’an. Kemudian, karena yang dibaca surat yasin sehingga ditambah
dengan akhiran-an, menjadi yasinan. Dan mempermudah penamaan mudah mengingatnya
pada aktifitas membaca Al-Qur’an tersebut.\
Tahlilan berasal dari kata bahasa Arab
yaitu ‘tahlil’ dari akar kataيُهَلِّلُ ـ
تَهْلِيْلٌ ـ هلّل yang
berartti mengucap kalimat إلاَّالله لاَإِلَهَ pengertian tahlil telah ada pada masa rosulullah saw.
عَنْ ٲَبِي ذَرٍّ عَنِ النَّبِي
صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنَّهُ قَا لَ يُصْبِحُ عَلََى كُلِّ سُلَامَى
مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَ قَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَ قَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ
صَدَ قَةٌ وَكُلُّ تَهْلِِيْلَةٍ صَدَ قَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَ قَةٌ
وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَ قَةٌ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَ قَةٌ
وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ لضُّحَى ( روه مسلم )
Dari abu
dzar ra,dari nabi saw ,sesungguhnya beliau bersabda :”bahwasanya pada setiap
tulang sendi kalian ada sedekah . setiap bacaan tasbih adalah sedekah ,setiap
bacaan tahmid itu sedekah ,setiap bacaan tahlil itu sedekah ,setiap bacaan
takbir itu sedekah ,dan amar makruf nahi munkar itu adalah sedekah ,dan
mencukupi semua itu dua rekaat yang dilakukan seseorang dari sholat dhuha (
HR.Muslim )
Dikalangan masyarakat santri (yang mengrti agama islam ) istilah tahlilan
popular digunakan untuk menyebut sebuah acara dzikir dan do’a bersama.
Singkatnya, acara tahlilan , dzikir
berasama, majlis dzikir, atau do’a bersama adalah pada hakekatnya adalah sama,
yaitu suatu kegiatan yang dilakukan secara individual atau berkelompok
(jama’ah). Dengan demikian tahlilan adalah
dzikir kepada Allah.
Yasianan dan tahlilan dalam konteks local adalah bentuk
mentradisikan ajaran islam yang kemudian membangun akar beudaya yang cukup
cerdas. Upaya yang dialakukan oleh ulama-ulama (kaum santri) terdahulu yang
menstrukturkan bacaan tahlil dan melambagakan dalam bentuk jama’ah-jama’ah
yasianan dan tahlilan adalah sebagai bentuk membumikan aajaran Islam. Mudah
dilakukan, mempererat hubungan social diantara sesama muslim, membangun emosi
keberagamaan yang cukup kuat adalah simpul penting dalam menjaga pilar-pilar
keberagamaan Islam[1].
Manfaat atau keutamaan membaca surat yasin dan tahlilan
Pandangan kaum santri terhadap budaya yasinan dan tahlilan adalah
merupakan hal yang bermanfaat bagi kehidupan beragama mapun kehidupan social
kemasyarakatan, karena kaum santri sebelum membuat atau melakukan hal tersebut
sudah mengkaji secara mendalam dari aspek agama, antara lain manfaat dan
keutamaannya.
Syari’at islam mengajarkan bahwa kemtian bukan bukan akhir dari kehidupan .
bahkan menyebutnya sebagai kehidupan dialam yang abadi . banyak keterangan baik
dari al- qur’an dan as sunah yang menjelaskan hal ini. Kematian saat manusia
diminta mepertanggungjawabkan semua perbuatanya di dunia . jika ia taat dengan
aturan syari’at ,maka dibalas dengan kebaikan ,berupa pahala . jika melnggar
syari’at ,maka dibalas dengan keburukan , berupa siksa .
Kebaikan
manusia di dunia ini ternyata ada yang selalu mengalir pahalanya ,meskipun yang
bersngkutan telah meninggal dunia . hadist berikut ini secara tegas menjelaskan
hal itu
Dari
abu hurairah ra, sesungguhnya Rosulullah saw bersabda : “apabila manusia telah mati,maka terputuslah amal darinya ,kecuali tiga
hal : sedekah jariyah , ilmu yang bermanfaat , atau anak shaleh yang
mendo’akannya .( HR. Muslim ).
Mengenai do’a orang yang hidup kepada orang
yang telah meninggal dunia ,secara umum ayat al qur’an menjelaskanya dalam
surat Al – hasyr : 10 yang artinya :
“dan
orang – orang yang datang sesudah mereka ( muhajirin dan ansor ),mereka berdo’a
: ‘ya tuhan kami ,beri ampunlah dan saudara- saudara kami yang telah lebih
dahulu dari kami “.
Ayat diatas menegaskan bahwa do’a
sahabat nabi kepada orang – orang yang lebih dahulu beriman dan telah wafat itu
bermanfaat dan do’a ini di puji allah . do’a kepada orang yang telah meninggal
dunia bisa bermanfaat ,asalkan orang yang dimintai ampun itu termasuk orang
yang beriman .ayat ini dapat dijadikan pijakan bahwa acara do’a bersama yang
dilakukan oleh mayoritas umat islam dunia ,khususnya di indonesia yang diistilahkan
tahlilan ,pada dasarnya mempunyai
dasar hukum kuat dan menjadi sunah yang dianjurkan mengingat ayat dan hadist
diatas .
Keutamaan dzikir yang dikemas dari berbagai
bentuk sesuai dengan tradisi yang berkembang dimasysrakat adalah memiliki
keutamaan . diantara keutamaan dzikir adalah sebagai berikut .
1 . Perintah memperbanyak dzikir.
Allah
berfirman dalam surat Ali Imron ayat 190 – 191 yang artinya :
“ sesungguhnya dalam penciptaan langit dan
bumi ,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda – tanda bagi orang –
orang yang berakal ( yaitu ) orang –
orang yang berdzikir kepada allah sambil berdiri atau duduk atau dalam kadaan
berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi ( seraya
berkata ) : “ ya tuhan kami ,tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia – sia .
maha suci engkau ,maka hindarkan kami dari siksa neraka.”
2. Dzikir sebagai
sarana mendekatkan diri kepada allah
Dari abu hurairah ra, ia berkata : rosullah
bersabda : allah berfirman : “ aku adalah berdasarkan sangkaan hambaKu
terhadapKu aku bersamanya ketika dia mengingat Ku ( Berdzikir kepadaku ).
Apabila dia mengingat Ku dalam dirinya ,niscaya aku juga mengingatnya dalam
diriKu . apabila dia mengingat Ku dalam satu kaum ,niscaya aku juga
mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik dari pada mereka . apabila dia
mendekatiKu dalam jarak sejengkal ,niscaya aku mendekatinya dalam jarak sehasta
. apabila dia mendekati Ku sehasta , niscaya aku mendekatinya dengan jarak
sedepa .apabila dia datang kepadaKu dengan berjalan ,niscaya aku akan datang
kepadanya dengan berlari “ (HR. Al- Bukhari , Muslim , At- Tirmidzi , An – nas
‘i , Ibnu Majah ) “.
3 . Orang yang tidak
mau berdzikir seperti mayit .
Dari
abu musa al – asy’ariy ra, ia berkata : nabi saw bersabda : “ perumpamaan orang
yang berdzikir kepada tuhanNya dan orang yang tidak berdzikir kepada tuhanNya ,
laksana orang yang hidup dan mati “. (HR. Al- bukhori )
4 .
Rumah yang dipakai berdzikir
Dari
abu musa al – ast’ariy ra, ia berkata : Nabi Saw bersabda : “ perumpamaan rumah
yang didalam nya digunakan berdzikir kepada allah Swt dan rumah yang tidak
digunakan berdzikir kepada alla Swt , laksana orang yang hidup dan orang yang
sudah mati “. ( HR.
Muslim )
5 .
Perintah Dzikir bersama
Dari
abu Sa’id al- khuduriy ra, mu’awiyah berkata : sesungguhnya rosullah Saw pernah
keluar menuju halaqah (perkumpulan ) para sahabatnya ,beliau bertanya : “
kenapa kalian duduk disini ?” . mereka menjawab : “ kami duduk untuk berdzikir
kepada allah dan memujiNya sebagai mana islam mengajarkan kami , dan atas
anugerah allah dengan islam untuk kami “. Nabi bertanya kemudian : “ demi allah
, kalian duduk hanya untuk ini ? “ . jawab mereka : “ demi allah , kami tidak duduk kecuali
hanya untuk ini ? “ .Nabi Saw bersabda : “ sesungguhnya aku tidak mempunyai
prasangka buruk terhadap kalian , tetapi malikat Jibril datang kepadaku dan
memberi kabar bahwasanya allah swt membanggakan tindakan kalian kepada para
malaikat ( HR . Ahmad , Muslim , At- Tirmiddziy dan An – Nas ‘iy ).
Hadist
diatas menunjukan bahwa dzikir bersama yang dilakukan oleh para sahabat tidak
hanya sekedar direstui Nabi Muhamad Saw , tetapi dipuji Nabi , karena pada saat
yang sama malaikat Jibril memberi kabar bahwa Allah ‘Azza wa jalla membangkan
kreativitas sahabat yang melakukan dzikir bersama .
6 .
Dzikir mentramkan jiwa .
Dari
al – Agharr abu muslim , sesugguhnya ia berkata : aku barsaksi bahwa abu
hurrairah dan sbu said al- khudzriy bersaksi , bahwa sesungguhnya Nabi Saw
bersabda : “ tidak duduk suatu kaum dengan berdzikir bersama – sama kepada Alla
Swt , kecuali para malikat mengerumuni mereka , rahmat allah mengalir memenuhi
mereka , ketentraman diturunkan kepada mereka , dan allah menyebut mereka dalam
golongan orang yang ada disisiNya “ . ( HR. Muslim )
Itulah beberapa dari keutamaan Dzikir tahlil yang menjadi
dasar diadaknya acara peringatan tiga hari ,tujuh hari , empat puluh hari ,
seratus hari dan seterusnya setelah kematian oleh para kaum
santri sehingga acara tersebut tidak sia – sia ,yang
ternyata banyak manfaat nya dari pada madharatnya. Dan masih banyak dalil –
dalil yang menyatakan keutamaan – keutamaan Tahlilan. Diantaranya adalah keutamaan
bacaan dalam tahlilan , yaitu :
1 . Keutamaan membaca surat Al – Fatihah .
Dari abu sa’id al- mu’alla ra, ia berkata : rosullah Saw
bersabda kepadaku : “ maukah aku ajarkan kepadamu surat yang paling agung dalam
al – qur’an , sebelum engkau keluar dari masjid ? “ .maka rosullah
memegangtangan ku . dan ketika kami hendak keluar , aku bertanya : “ wahai
rosullah ! engkau barkata bahwa engkau akan mengjarkanku surat yang paling
agung dalam al – qur’an “ . beliau menjawab : al- hamdulillahirobil – ‘alamin ( Surat Al – fatihah ),ia adalah
tujuh surat yang di ulang – ulang ( dibaca pada setiap sholat ) ,ia adalah Al –
qur’an yang agung diberikan pada ku. ( HR. Al bukhari ).
2. Keutamaan Membaca Surat Al – ikhlas .
Dari abu hurairah
ra,bahwasanya rosullah Saw mendengar seseorang membaca qul huallahu ahad ( surat al
– ikhlas ) .maka beliau bersabda : “ Pasti
“ . Mereka (para sahabat) bertanya : “ wahai rosullah , apa yang pasti ? “.
Jawab beliau : “ Ia pasti masuk surga “ ( HR. Ahmad )
3 . Keutamaan Membaca Surat Al- falaq dan An- Naas
Dari ‘aisyah ra, bahwasanya rosullah Saw bila merasa
sakit beliau sendiri membaca Al –
mu’wwidzat surat al – ikhlas , surat al- falaq dan surat an- naas ) ,
kemudian meniupkanya . Dan apabila rasa sakitnya bertambah aku yang membacanya
kemudian aku usapkan ke tanganya mengharap keberkahan dari surat – surat
tersebut ( HR. Al- Bukhari ).
4.
Keutamaan awal dan akhir surat al-baqoroh
Dari abdullah bin mas’ud
ra, ia berkata : “barang siapa membaca 11 ayat dari surat al – baqoroh pada
suatu malam , maka setan tidak masuk rumah itu pada malam itu sampai pagi , ,
yaitu 4 ayat permulaan , ayat qursy, dan dua ayat sesudahnya ,dan 3 ayat
terakhir yang dimulai lillahi ma fissamawati ...)” ( HR. Ibnu Majah )
5. Keutamaan Ayat Qursiy.
Dari ma’qil bin yasar ra,
sesungguhnya rosullah Saw bersabda : “ surat al-baqoroh adalah puncak al –
qur’an ,80 malaikat menyertai diturunkanya setiap ayat dari surat ini . Dan
ayat la ilaha illa huwa al- hayyyu al-
qoyyum (ayat qursiy ) dikeluarkan lewat bawah ‘Arsy, kemudian dimasukan
kedalam bagian surat al-baqoroh. Dan surat yasiin adalah jantung Al – qur’an
,seseorang tidak membacanya untuk mengharapkan Allah Tabaraka wa ta’ala dan kehidupan Akhirat , kecuali diampuni dosa – dosa nya . Dan bacalah
surat Yasiin pada orang – orang mati kalian “ . (HR, Ahmad bin Hanbal )
6. Keutamaan Membaca Istigfar.
Allah berfirman dalam surat Huud ayat 3 , yang artinya :
“ dan hendak lah kamu meminta ampun kepada tuhanmu dan
bertaubat kepadaNya . ( Jika kamu ,mengerjakan yang demikian ),niscaya Dia akan
memberi kenikmatan yang baik (terus menerus ) kepadamu sampai kepada waktu yang
telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap – tiap orang yang mempunyai keutamaan ( balasan )
keutamaanya .Jika kamu berpaling , maka sesungguhnya aku takut akan ditimpa
siksa hari kiamat “ . ( Surat Huud : 3 )
7. Keutamaan
Membaca Tahlil . إلاَّالله لاَإِلَهَ
Dari
jabir bin abdullah ra ,ia berkata : rosullah Saw bersabda : “ Sebaik – baik
dzikir adalah ucapan Laa ilaha illallah, dan sebaik – baik do’a adalah Ucapan Alhamdulillah “( HR At- Tirmidzi dan Ibnu
majah )
8. Keutamaan
bacaan Takbir .
Dari abu dzar ra,dari nabi saw ,sesungguhnya
beliau bersabda :”bahwasanya pada setiap tulang sendi kalian ada sedekah .
setiap bacaan tasbih adalah sedekah ,setiap bacaan tahmid itu sedekah ,setiap
bacaan tahlil itu sedekah ,setiap bacaan takbir itu sedekah ,dan amar makruf
nahi munkar itu adalah sedekah ,dan mencukupi semua itu dua rekaat yang
dilakukan seseorang dari sholat dhuha ( HR.Muslim )
9. Keutamaan Bacaan Tasbih
Dari abu hurairah ra, dari nabi Saw bersabda :
“ Ada dua kalimat yang ringan dilidah , berat dalam timbangan kebaikan dan di
sukai yang Allah maha penyayang , yaitu Subhanallahi
wa bihamdihi , subhanallahi al – ‘adzim . ( HR . Al – bukhari ,Muslim
,Ahmad dan Ibnu majah )
10. Keutamaan Membaca Sholawat Nabi .
“sesungguhnya
allah dan malikat – malaikatnya memberi sholawat untuk nabi. Hai orang yang
beriman ,ucapkanlah sholawat untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan
kepadabya “ ( Q.S Al- ahzaab : 56 )
Imam at – Tirmidzi berkata : diriwayatkan
bahwa Imam sufyaan ats – Tsauriy dan Ulama – ulama lain berkata : “ Sholawat
dari Allah artinya adalah Rahmat , Sedangkan Sholawat dari malaikat artinya
permohonan pengampunan “ . Pengertian ayat ini yaitu : Sesungguhnya allah
memberi Rahmat kepada nabi dan para maliakat beristigfar ( memohon ampunan )
Untuk Nabi .
Bid’ah
ada dua yaitu bid’ah dhalalah dan khasanah , bid’ah dholalah yaitu sesuatu yang
baru dan merusak syari’at , kemudian yang disebut bid’ah khasanah adalah
sesuatu yang baru yangmana hal tersebut adalah baik, pada zaman khalifah pun
juga pernah melaksanakan bid’ah tersebut . khalifaurrasidhin sayidina umar bin
khotob contohnya ketika sholat tarawih pada bulan ramadhan , beliau melihat
oarang – orang yang melakukan sholat tarawih disana – sini padahal satu masjid
, kemudian beliau mengajak mereka untuk sholat berjama’ah.setelah itu beliau
berkata “ inilah bid’ah yang baik” karena pada zaman nabi , nabi tidak
mengajarkan untuk sholat tarawih dengan berjama’ah .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar